Hari Otonomi Daerah ke 23, Bupati Soppeng Menyampaikan Apresiasi

SUARAREALITA.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng  HA Kaswadi Razak menghadiri upacara hari otonomi daerah ke 23 dan dirangkaiakan dengan apel kesiap siagaan bencana nasional di halaman kantor bupati. Selaku Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri Irianto Prijatna Utama SH,M,Hum.
Sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo,SH yang dibacakan Ketua Pengadilan Negeri Irianto Prijatna Utama,SH,M,Hum
Tema hari Otonomi Daerah Tahun ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif.
Tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian,kemajuan dan kesejahteraan daerah.
Dalam penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap bahwa masyarakat itu hanyalah semata-mata sebagai “konsumen” pelayanan publik,tapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai “Citizen” termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Untuk mewujudkan pelaksanaan otonomi daerah serta menciptakan pemerintah yang bersih,bertanggung jawab dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintah yang baik.
Terkait hari Kesiapsiagaan Bencana yang diselenggarakan secara menyeluruh di indonesia,maka pemerintah daerah diharapkan untuk tetap bersatu padu secara terencana dan berkesinambungan guna meningkatakan kesadaran,kewaspadaan serta kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesi Tangguh Bencana.
Oleh karna itu penanganan bencana merupakan urusan semua pihak,maka kami mengharapkan kepada seluruh stekholder yang ada didaerah mulai dari jajaran pemerintah daerah sampai seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi dan berperan aktif dalam penanggulangan bencana. (Ilham)