Mantan ketua Bawaslu RI,Prof Muhammad memberi bekal kepada Panwaslu Kecamatan


Mantan Ketua Bawaslu RI Prpf Muhammad

SOPPENG,SUARAREALITA.COM-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten resmi melantik dan mengambil Sumpah kepada 24 Anggota Panwascam yang akan bertugas di Delapan kecamatan yang ada di kabupaten Soppeng pada kamis (27/10/2022)
Setelah Pelantikan 24 Anggota Panwascam tersebut mengikuti pembakalan
Kegiatan pembekalan terhadap anggota panwascam yang tersebar di 8 Kecamatan itu dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, tepatnya 27-29 Oktober 2022. d i Hotel Grend Souta Jalan tujuh wali wali kelurahan Lalabata.

Salah satu narasumber yang memberikan materi pembekalan mantan ketua Bawaslu RI Prof Dr Muhammad S.Ip M.Si, dengan materi kode etik pelanggaran pemilu.

Mantan Ketua Bawaslu RI 2012-2017 itu mengingatkan
kepada seluruh panwascam yang terpilih untuk menjaga integritas. Sebab banyak penyelenggara pemilu di DKPP kan karena tidak integritas melanggar kode etik,kata mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyeleggara Pemilu (DKPP) RI.

Dijelaskannya, bahwa penyelenggaraan pemilu yang berintegritas menjadi tolak ukur terwujudnya atau terciptanya pemilu yang demokratis.

Lebih lanjut Prof Muhammad mengatakan Pemilu yang berintegritas tentu diawali dari penyelenggara pemilu yang berintegritas jelasnya

Menurut Prof Muhammad keberhasilan seorang pengawas jika mampu melakukan pencegahan bukan seberapa banyak pelanggaran yang ditindak
artinya, semakin efektif kita melakukan pencegahan maka semakin sedikit pelanggaran pemilu yang terjadi, terang pak Prof

Kendati demikian, lanjut Prof jika sudah melakukan berbagai langkah-langkah pencegahan namun masih mau melanggar maka harus ditindak dan diproses tegas Prof Muhammad.

Selain itu kata Prof Muhammad Panwaslu Kecamatan harus Percaya diri dan yang terpenting adalah seorang Panwaslu Kecamatan harus menguasi regulisi jelasnya.

Ibarat Kata Panwaslu Kecamatan PKD dan PTPS merupakan kaki Bawaslu Kabupaten kota jadi kaki ini tetap kokoh karena jika pondasinya rapuh maka akan berpengaruh sampai ke tingkat atas tutup Prof Muhammad (*)