Karya Bakti Bersama Warga, Koramil 1423-04/Liliriaja Bersihkan Saluran Air




SOPPENG, SAR.COM-Sebagai salah satu wujud nyata kemanunggalan TNI bersama Rakyat, Koramil 04/Liliriaja Kodim 1423/Soppeng bersama stakeholder terkait terus melaksanakan kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran air bertempat di Desa Rompegading Kab. Soppeng. Selasa (13/02/2024)

Kegiatan karya bakti ini merupakan program dan perintah bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) melalui Panglima Kodam (Pangdam) XIV/HSN Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S. Ip sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan serta kelestarian terhadap lingkungan. 

Dalam kegiatan karya bakti yang dipimpin Ws. Danramil 04/Liliriaja Pelda Syarifuddin melibatkan stkholder diwilayah yakni para Babinsa Koramil 04/Liliriaja, Bhabinkamtimas Desa Rompegading, Kepala Desa Rompegading dan Staf Desa, para Ketua RT/RW Desa Rompegading serta masyarakat 20 orang dengan memfokuskan pada sasaran Pembersihan saluran Air sepanjang 200 meter dan Pembersihan sepanjang kanan/kiri jalan.

Mewakili Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (Han), Ws Danramil Pelda Syarifuddin mengatakan Karya Bakti TNI sebagai bentuk kepedulian pimpinan Komando Atas kepada lingkungan yang tentu harapannya semua kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. Sebab, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah banjir dan penyebaran penyakit dari lingkungan yang kotor. Ujarnya

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah agar air pada irigasi dapat mengalir dengan lancar dan tidak terjadi pendangkalan akibat ditumbuhi rumput liar dan semak belukar yang panjangnya sekitar kurang lebih 200 meter, sehingga pada saat musim hujan tidak mengakibatkan banjir.

Ia menambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini, agar aliran air menjadi lancar ketika memasuki musim penghujan guna mengantisipasi banjir dan meminimalisir munculnya bibit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang diakibatkan dari tumpukan sampah dan genangan air. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini, silaturahmi TNI dan pemerintah setempat serta masyarakat semakin erat, dan makin kokohnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Tutup Pelda Syarifuddin (ton)