Bersama Wabup Soppeng Petani P3A Desa Laringgi berjibaku perbaiki seluran irigasi yang Ambruk



SOPPENG, SAR.COM-Tingginya curah hujan beberapa waktu lalu mengakibatkan Bendungan Irigasi Latenreng jebol dan rusak alias ambruk membuat petani yang ada di kecamatan Marioriawa khususnya petani Kelurahan Manorangsalo, Desa Laringgi kesulitan air untu mengairi sawah mereka.
Bendungan irigasi Latenreng yang terletak di Desa Bulue kecamatan Marioriawa kabupaten Soppeng yang mengairi sawah hingga ke wilayah Desa Laringgi dan Kelurahan Manorang Salo yang baru-baru ini runtuh atau ambruk yang disebabkan derasnya air akibat hujan terus terjadi pada jum'at (3/5) lalu sehingga membuat masyarakat petani sekitarnya resah.

Keresahan para petani ditengah butuhnya air dalam mengairi sawahnya,
Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Padaidi menggelar rapat yang dilangsungkan di rumah ketua H. Bakri dengan menyepakati untuk melakukan gotong royong dalam memperbaikinya. Minggu (12/5/2024). 

Meski Irigasi Latenreng ini adalah kewenangan dinas PU Pengairan Provinsi Sulawesi Selatan tidak menyurutkan langkah masyarakat untuk melakukan perbaikan.

Dengan semangat yang tinggi serta ras gotong royong yang tinggi GP3A Padaidi disertai support dari Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide tetap mereka berjubaku melakukan perbaikan bendungan dan Irigasi yang mengairi sawah 1.400 ha di Desa Laringgi dan 300 ha di wilayah Kelurahan Manorang Salo. Selasa (14/5/2024). 

Dengan semangat para petani dan masyarakat, sekitar 300 orang melakukan perbaikan bendungan dan irigasi yang bobol, yang diawali dengan gotong royong mengangkat material ke lokasi bendungan yang berjarak sepanjang 1 km. 

Semangat petani semakin tinggi setelah kehadiran orang nomor dua di soppeng yakni Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide yang akrab di sebut Sahabat Petani hadir ditengah tengah mereka.

Sementara itu Ketua GP3A H. Bakri menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide yang hadir memberikan support dan semangat kepada kami, ujarnya.khususnya kepada petani yang ada di desa Laringgi

"Yang tidak kalah pentingnya kata H. Bakri adalah bantuan material, Semen, Batu dan Pasir dari pak Wakil Bupati Soppeng H. Lutfi Halide sehingga perbaikan bendungan dan irigasi Latenreng ini yang mendesak untuk dilakukan dapat berjalan dengan baik dan riang gembira,tuturnya 

"Dengan hadirnya Bapak Wakil Bupati Soppeng dalam kegiatan ini menjadi semangat dan harapan besar bagi masyarakat tani khususnya di wilayah kecamatan Marioriawa.tutup H.Bakri.(*)