Dinas Kominfo gelar Sosialisasi Hubungan Komunikasi Sandi Pemerintah Kabupaten Soppeng Tahun 2021



SOPPENG, SUARA REALITA.COM-Bidang statistik dan persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Soppeng menggelar kegiatan sosialisasi hubungan komunikasi sandi bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara, yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing SKPD bertempat di Ruang Kantor Bupati. Selasa, 28 September 2021.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Soppeng, dalam hal ini diwakili oleh PLT. Sekretaris A. Saharuddin,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini akan menjadi momentum dalam mewujudkan pengelolaan persandian dan pengamanan informasi lebih profesional berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku. Peran persandian sangatlah kompleks dan berat, keamanan informasi menjadi aspek penting, mengingat bocornya informasi strategis akan berpengaruh terhadap kinerja birokrasi dan tingkat keberhasilan pelaksanaan kebijakan pemerintah di berbagai bidang. Olehnya itu, keamanan cyber merupakan upaya yang mesti dilakukan secara berkelanjutan untuk melindungi jaringan sistem dan semua data dari penggunaan yang tidak sah atau berbahaya.

Adapun pemateri dalam kegiatan ini yaitu, Yoyok Darmanto dari Badan Siber dan Sandi Negara yang membawakan materi tentang "Sistem Keamanan Informasi" dan Ahmad Tasyrif Arief, S.T., M.T dari Diskominfo Provinsi Sulawesi Selatan, bidang statistik dan persandian yang membawakan materi tentang "Penyelenggaraan Pengamanan Informasi Pemerintah Daerah dan Kebijakan Manajemen Keamanan Infoy SPBE".(Sar)