Kaswadi sebut,Masalah Stunting dan Inflasi yang menguras tenaga maupun fikiran kita semua.



SOPPENG, SUARAREALITA.COM-
Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  Cabang Soppeng gelar acara Sosialisasi dan Edukasi Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan, Inflasi dan Stunting Sabtu (15/04/2023) di Hark Cafe & Eatery Malaka Kecamatan Lalabata.

Pada kegitan tersebut, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam arahannya mengatakan 
Masalah iklim perlu menjadi perhatian khususnya pemerintah agar masyarakat tidak kekurangan air dalam bercocok tanam, sehingga ketersediaan air harus betul-betul selalu tercukupi. Namun disisi lain ada beberapa hal yang mungkin menjadi hambatan kita diantaranya bencana banjir serta faktor infrastruktur lainnya kata Kaswadi.
 
Untuk itu lanjut Pung Dulli sapaan akrab bupati Soppeng,kita sadari bahwa ada beberapa hal yang mungkin masyarakat awam tidak tahu, contohnya pada saat terjadi bencana alam di Tinco dimana itu sebenarnya bukan kewenangan Kabupaten tapi pusat. Walaupun demikian kita akan tetap berusaha memenuhi semua  persoalan yang dialami oleh Masyarakat jelasnya.

Dalam hal masalah pangan, ada kekhawatiran yang kami rasakan  salah satu contohnya pada saat terjadi bencana pasti kita membutuhkan persediaan stok pangan. Sehingga ini perlu menjadi perhatian kita semua apalagi dengan fenomena alam saat ini. 

Apa yang kita lakukan selama ini tidak sesederhana yang dibayangkan apalagi saat ini kita diperhadapkan dengan berbagai masalah diantaranya masalah stunting dan  inflasi yang dapat menguras tenaga maupun fikiran kita semua yang bahkan saat ini belum stabil. Namun untuk Kabupaten Soppeng sendiri, Alhamdulillah kita masih berada dalam kondisi stabil kata Andi Kaswsdi.

"Lanjut Kaswadi melalui kegiatan ini, saya berharap kita semua dapat menjadi motor penggerak di tengah masyarakat dalam hal menjaga stabilitas ekonomi. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengosongkan stok pangan karena kedepan kita tidak tahu apa yang akan terjadi,jadi kita harus tetap waspada"harap Kaswadi 

Saya juga berharap agar dalam menjalankan pemerintahan desa ada kerja sama antara Kepala Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) agar turut memberikan peran kepada masyarakat dalam menjalankan sebuah program. 


Turut hadir, para Kepala SKPD terkait, Ketua Apdesi Cabang Soppeng, para Kepala Desa se Kabupaten Soppeng, Ketua BPD se Kabupaten Soppeng, para tokoh masyarakat (Sar)