Rustam:Pencegahan stunting dapat dilakukan melalui budidaya ikan nila skala rumah tangga



SOPPENG, SAR.COM— Sebagai bentuk komitmen dalam pengabdian masyarakat, Program Studi Teknologi Akuakultur dan Pasca Panen Perikanan Universitas Hasanuddin (UNHAS) menggelar penyuluhan di Kelurahan Bila, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Belum lama ini.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kelurahan Bila, Hariadi, SE., MM., dan mendapatkan respon positif dari 45 peserta, terdiri dari pegawai daerah setempat, masyarakat, dan mahasiswa prodi.

Fokus utama penyuluhan adalah “Pengembangan Budidaya Ikan Nila Skala Rumah Tangga Dalam Mendukung Pemenuhan Protein Hewani dari Ikan,” yang disampaikan Dr. Ir. Rustam, MP., Dosen UNHAS. 

Dalam paparannya, Rustam menyoroti peran penting ikan nila sebagai solusi untuk mengatasi masalah stunting di masyarakat, mengingat kandungan protein hewani yang tinggi.

“Upaya pencegahan stunting dapat dilakukan melalui budidaya ikan nila skala rumah tangga. Langkah-langkahnya melibatkan pembuatan kolam plastik, persiapan air kolam, pemberian probiotik, penebaran benih, pemberian pakan, dan pengelolaan kualitas air,” Rustam, 

Kegiatan ini dikelola oleh Moderator Dr. Ir. Hasni Yulianti Azis, MP., selaku Ketua Program Studi Teknologi Akuakultur dan Pasca Panen Perikanan Fakultas Vokasi UNHAS. 

Semua ini adalah langkah konkrit menuju masyarakat yang lebih sehat dan terhindar dari stunting melalui sumber protein ikan nila yang berkualitas.