Ajarkan Siswa siswi mandiri dan cari uang sejak dini,Kepsek SMP Negri 4 Marioriawa Pergunakan lahan kosong untuk tanami sayur sayuran



SOPPENG, SAR.COM-Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk pengajaran bagi peserta didik di bawah pengawasan guru.

Melalui lembaga sekolah siswa diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan, sikap yang baik, keterampilan yang mendukung serta pengalaman yang banyak guna bekal melanjutkan kehidupannya kelak

Salah Satu yang sangat penting adalah mengajarkan siswa siswi untuk hidup mandiri serta mencari uang sejak dini

Seperti yang dilakukan Oleh UPTD SMP Negri 4 Marioriowa Kecamatan Marioriawa dimana memanfaatkan lahan disekitar sekolah menanami tanaman jangka pendek seperti sayaur sayuran.


Menurut Jumriah,Spd,Msi kepala sekolah SMP Negeri 4 Marioriawa saat ditemuai media ini diruang Kerjanya Senin (29/01/2024) untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan sekolah sebagai media pembelajaran dalam pengenalan berbagai jenis tanaman.

Selain dari itu lanjut Jumriah, program unggulan pemanfaatan lahan kosong sekolah untuk penanaman tanaman yang bisa memiliki nilai jual.

"Lokasinya berada disamping, belakang kelas,kebetulan SD dilebur kemarin lokasinya berada disamping belakang kelas,berbagai tanaman ada sayur mayur seperti sawi kangkung"kata Jumriah.

Hasilnya nanti saya sampaikan pada siswa karena ini adalah kewirausahaan nanti hasilnya dibagi dua lima puluh persen kas untuk sekolah lima puluh persen kas dan kelengkapan anak anak terkadang membutuhkan semacam pajangan, untuk porseni tutup Jumriah (ton)