Koramil 1423-04/Liliriaja Bersama Masyarakat Laksanakan Karya Bakti Bersihkan Saluran Air




SOPPENG, SAR.COM-Menyadari Peran TNI yang tidak hanya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tapi juga menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan sehat menjadi tugas dan tanggung jawab bersama warga negara.

Pembersihan saat musim penghujan tiba menjadi sangat penting, guna menjaga kebersihan lingkungan dan terbebasnya penguraian udara bumi akibat hujan yang berkesinambungan.

Sejumlah TNI dari Koramil 1423-04/LIliriaja Korem 141/Tp Kodam XIV/Hasanuddin mengajak warga untuk melaksanakan Bakti sosial dengan pembersihan sampah lingkungan agar selalu menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Sabtu (13/01/2023)

Untuk itu, Koramil 04/Liliriaja bersinergi bersama Stakeholder yang terdiri dari Kepolisian Pemerintah setempat dan masyarakat melaksanakan Kerja Bakti Sosial pembersihan lingkungan dengan pembersihan selokan/parit dan sampah yang berada di lapangan sepak bola Muh. Idris Lajjoa Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yang berada di tengah pemukiman warga.

Pelaksanaan Kerja Bakti kali ini diprioritas terhadap titik-titik penumpukan terutama Saluran agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan penumpukan serta pembabatan rumput dan pembersihan sampah lainnya yang berada di sekitaran lapangan, sehingga lingkungan tempat tinggal benar-benar bersih dan aman dari tempat bersarangnya nyamuk.

Sementara itu, Komandan Kodim 1423/Soppeng Letkol Inf. Sigit Suhendro Hadi K. S.T, M.Tr ( Han ), saat dikonfirmasi melalui via Whatsapp menyampaikan bahwa kegiatan kemanunggalan TNI bersama Rakyat dengan bersinergi bersama Polri dan unsur Pemerintah Daerah sudah sering dilaksanakan oleh Kodim 1423 Soppeng maupun Koramil-koramil jajaran, seperti kegiatan hari ini bersama-sama melaksanakan pembersihan parit dan sampah di kawasan pemukiman warga.

“Mencegah lebih baik kita lakukan daripada mengatasinya. Makanya kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pembersihan parit dan penumpukan sampah sebagai upaya mencegah terjadinya banjir karena sudah masuk musim penghujan,”tutupnya".

Di lokasi kerja bakti Ws. Danramil 04 Liliriaja Pelda Syarifuddin mengatakan
“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan saling mengingatkan sesama warga lainnya, sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat terhindar dari penyakit yang ditimbulkan akibat sampah dan genangan air, ”pangkasnya".

Ibu Ida (45) salah satu warga menuturkan dirinya sangat senang dan berterimakasih dengan adanya kerja bakti yang dilakukan oleh TNI di area pemukimannya, sehingga jadi bersih dan rapi untuk menghindari banjir dan penyakit malaria, demam berdarah, dll di musim hujan.

“Semoga dengan adanya kegiatan kerja bakti TNI ini lingkungan kami menjadi bersih dan rapi serta dapat terhindar dari banjir dan penyakit,” "harapnya".(rud)