Mabes Polri Tinjau Pelabuhan Nusantara Parepare




PAREPARE SAR.COM - Tim Mabes Polri berkunjung ke Pelabuhan Nusantara Kota Parepare dalam rangka arus mudik yang Memasuki puncaknya pada akhir bulan puasa jelang Lebaran Idul Fitri 1445 hijariah, Tim Supervisi Operasi Ketupat 2024 Mabes Polri ini mengecek langsung kesiapan Pos Pengamanan Terpadu di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu, 06 April 2024.

Rombongan dari Mabes Polri ini dipimpin Kepala Biro Pengendalian Operasi atau Karodalops Sops Polri, Brigjend Pol Endi Sutendi, tampak juga Brigjend Pol Firman. Kunjungan jenderal bintang satu ini turut didampingi Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis dan Kapolres Barru, AKBP Dodik Susianti serta Kapolsek KPN, AKP Sukri Abdullah beserta otoritas pelabuhan.

Pengecekan ini dilakukan guna memastikan proses pengamanan arus mudik lebaran di kota Cinta Habibie Ainun ini berlangsung aman dan lancar serta sesuai dengan standar operasional prosedur atau SOP yang telah ditetapkan.

"Supervisi dalam rangka kegiatan Operasi Ketupat di tahun 2024. Tadi kami sudah mengadakan pengecekan dan pengarahan. Hari ini kita di wilayah Parepare kesiapan daripada Posko Mudik," jelas Karodalops Sops Polri, Brigjend Pol Endi Sutendi kepada wartawan, Sabtu 6 April 2024.

Hasil dari pengecekan yang dilakukan, mantan Kabid Humas Polda Sulsel mengemukakan, arus mudik di Pelabuhan Parepare memasuki H-4 Lebaran pemudik bisa tertangani dengan baik.

"Pengaturan semakin baik dari pihak penyelenggara, baik itu dari pihak Perhubungan Laut, maupun dari Pelni dalam rangka pelayanan terhadap penumpang. Sehingga meminimalisir terjadinya penumpukan dan kelonjakan penumpang," ujarnya.

Menurutnya, yang perlu diantisipasi pada puncak arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini adalah cuaca.

"Ini sudah diantisipasi oleh pihak Perhubungan Laut. Jika cuaca buruk, akan memberitahukan kepada perusahaan-perusahaan pelayaran untuk mengantisipasi ini, supaya bisa mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan," pungkasnya.

Tim dari Mabes Polri ini juga memantau langsung pergerakan ribuan pemudik menggunakan KM Bukit Siguntang dari Balikpapan, Kalimantan Timur, tiba di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare. (Muh).